Candi Muaro Jambi Terluas di Asia Tenggara

0
179

porosjambi.com – Mungkin tak banyak dari kita yang mengetahui tentang Candi Muara Jambi yang terletak di  Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muara Jambi, Provinsi Jambi, Indonesia. Situs purbalaka Candi Muaro Jambi adalah sebuah kompleks percandian agama Hindu-Budha yang terluas di Asia Tenggara, dengan luas 3981 hektar. Beberapa budayawan mengatakan bahwa situs tersebut kemungkinan besar peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan diperkirakan dibangun pada abad ke 11 Masehi.

Candi ini merupakan warisan budaya yang sangat berharga dan patut untuk kita lestarikan bersama, sebab pada zaman dahulu candi ini pernah dijadikan salah satu pusat peribadatan agama Budha Tantri Mahayana Indonesia. Hal ini diperkuat dengan banyaknya penemuan-penemuan benda prasejarah di lokasi Candi Muaro Jambi tersebut, seperti reruntuhan Stupa, Arca Gajah Singh, Arca Prajinaparamita, lempeng-lempeng bertuliskan “wajra”,  manik-manik yang berasal dari Persia, Cina, dan India, dll.

Situs ini berisi 61 candi yang sebagian besar masih berupa gundukan tanah (menapo) yang belum dikupas yang didalamnya terdapat struktur bata kuno, Selain itu ditemukan juga beberapa parit yang digunakan sebagai tempat penampungan air.

Beberapa tahun yang lalu Candi Muaro Jambi ini kedatangan tamu dari para Rohaniawan Buddha yang berasal dari luar negeri dan beberapa biksu dari Tiongkok datang berkunjung. Saat ini Candi Muaro Jambi menjadi salah satu tujuan wisata, mulai dari penikmat budaya dan sejarah hingga para remaja yang datang hanya sekedar ingin ber-selfie. ( KI )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here