Pengkajian Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Jambi

0
256
Pengkajian Muhammadiyah Jambi/ foto:As

Porosjambi.com – Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Provinsi Jambi mengadakan Pengkajian yang dihadiri oleh perwakilan daerah (kabupaten) yang ada di Provinsi Jambi dengan tema “Penguatan Ideologi Muhammadiyah Menuju Islam Berkemajuan “  dengan pembicara Prof.Dr.H. Yunahar Ilyas (Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah) dan Dr.H.Abdullah Firdaus.Lc.MA. (Dosen UIN STS Jambi).

Dalam sambutannya ketua PWM Provinsi Jambi Suhaimi Chan menyampaikan ucapan terima kasih kepada nara sumber dan undangan dari berbagai daerah yang berkenan hadir dalam pengkajian ini. Semoga kita bisa semakin menguatkan Ideologi Muhammadiyah untuk menuju Islam yang berkemajuan.

Keberagaman pemahaman Islam di Jambi harus dijadikan sebuah dinamika keindahan dalam kehidupan, bukan menimbulkan perpecahan atau hal negatif dan lain sebagainya, ungkap Dr.H Abdullah Firdaus.LC.MA. yang menjadi pemateri pertama dalam acara tersebut.

Muhammadiyah Provinsi Jambi / foto:As

Sementara itu Prof.Dr.H.Yunahar Ilyas menyampaikan maksud dan tujuan Muhammadiyah ialah menegakan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Adapun Karakteristik Muhammadiyah sebagai berikut :

  • Berdasarkan Al Quran dan sunnah tanpa terikat dengan aliran teologis, madzhab fiqh, dan thariqah shufiah manapun
  • Ikhlas mencari ridha ALLAH SWT
  • Gemar beramal
  • Modern atau berkemajuan
  • Moderat atau ummatan washathan
  • Tajdid: Purifikasi dan dinamisasi
  • Memperbanyak teman

Ungkap Prof.Yunahar Ilyas yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia .

Sementara itu salah satu Pimpinan Wilayah Muhammdiyah Provinsi Jambi Drs. H. Johanes Chaniago mengharapkan agar pengkajian seperti ini bisa dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan karena pengkajian seperti ini sangat banyak manfaatnya bagi Muhammadiyah pada khususnya dan masyarakat Provinsi Jambi pada umumnya. (FY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here