Sekjen PBB Dukung Kemerdekaan Palestina

0
79
Antonio Guterres /Foto:net

Porosjambi.com – Mantan Perdana Mentreri Portugal yang kini menjabat sebagai Sekretarian Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres menyatakan bahwa ia sangat berharap jika jalur Gaza menjadi bagian dari negara Palestina yang berdaulat. Harapan itu ia utarakan ketika melakukan kunjungan untuk pertama kalinya ke jalur Gaza setelah dilantik sebagai Sekjen PBB.

“Satu-satunya garansi bagi perdamaian adalah berdirinya Negara Palestina dan hidup rukun bersama dengan Israel. Kedua negara nantinya harus bisa hidup bersama secara damai dan bekerjasama,” tegas Guterres, saat konferensi pers bersama Perdana Menteri Palestina Rami al-Hamdallah, seperti dilansir Anadolu Agency, Kamis (31/8/2017).

Guterres meminta kepada seluruh masyarakat internasional untuk terus memberikan bantuan berupa makanan dan obat-obatan kepada warga Gaza. Ia juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat bahwa konflik yang terjadi di Palestina saat ini bukan hanya soal kemanusiaan tapi ada unsur politik.

Selain itu Gutteres juga mengatakan jika seluruh pemukiman yang dibangun oleh Israel adalah ilegal dan harus segera dibongkar karena hal tersebut hanya akan menimbulkan ketegangan antara Hamas dan Israel.

Selanjutnya ia meminta kepada semua pihak, utamanya Israel, Otoritas Palestina, dan Hamas agar menahan diri dan tidak melakukan aksi yang bisa memicu amarah yang berujung gagalnya pembicaraan diplomatik tentang perdamaian.

Kunjungan Gutteres ke jalur Gaza mendapat penolakan dari sejumlah pihak, mereka melakukan aksi demonstrasi ketika konvoi pasukan PBB dan Gutteres melewati pos pemeriksaan Hamas. (KI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here