Sekda :Pelantikan Pejabat Eselon III dan IV Sesuai Pertimbangan dan Masukan Baperjakat

0
6

Porosjambi.com-JAMBI –Pelantikan dan pengukuhan pejabat struktural di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi merupakan suatu kebutuhan dalam rangka memantapkan serta meningkatkan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Jambi. Hal ini di kemukakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, M.Dianto saat Melantik dan Mengukuhkan Pejabat Lingkup Pemprov Jambi, di lapangan dalam Kantor Gubernur Jambi, Rabu (20/02/2019) siang.

Pejabat yang dilantik dan dikukuhkan sebanyak 432 orang, terdiri dari 421 orang pejabat struktural dan 11 orang pejabat fungsional.

Rincian jumlah pejabat yang ddi kukuhkan dan di lantik sesuai jabatan iyalah sebanyak 421 orang pejabat struktural tersebut, 344 orang dilantik dan 77 orang dikukuhkan. 344 orang yang dilantik terdiri dari 79 orang eselon III, 213 orang eselon IV, dan 52 orang TU sekolah. Dari 77 orang yang dikukuhkan, 2 orang eselon II, 24 orang eselon III, dan 51 orang eselon IV.

Tidak hanya pelantikan dan pengukuhan, ada juga pemberhentian dari jabatan, yakni 3 orang eselon III 4 orang eselon 4. Yang pensiun 19 orang, terdiri dari 6 orang eselon III dan 13 orang eselon IV. 11 orang mengundurkan diri, yakni 2 orang eselon III, dan 9 orang eselon IV. Lalu, 7 orang yang mutasi ke jabatan fungsional, terdiri dari 2 orang eselon III dan 5 orang eselon IV.

Tujuan Pelantikan ini dilaksanakan guna mengisi serta melantik kembali pejabat pada Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dan nomenklatur OPD yang telah ditetapkan dalam Peraturan Gubernur Tahun 2018 sebanyak 40 UPTD.

Sedangkan 2 nomenklatur baru OPD yaitu, pertama adalah Dinas Tanaman Pangan, Peternakan dan Hortikultura Provinsi Jambi, yang kedua adalah Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jambi.

Selain itu, Pelantikan ini juga bertujuan untuk mengisi kekosongan pejabat yang pensiun, mutasi ke jabatan fungsional, mutasi keluar Pemerintah Provinsi Jambi serta pejabat yang diberhentikan karena masalah integritas dan indisipliner.

Dianto mengatakan dalam pengisian jabatan tentunya sudah mendapat masukan dan pertimbangan dari Baperjakat yang menyangkut intelektual dan kemampuan manajerial serta mengacu pada ketentuan dan peraturan yang berlaku.

“Untuk itu, kepada saudara yang baru saja dilantik, harus betul-betul fokus melaksanakan tugas dalam mengejar target yang telah tertuang pada RPJMD Provinsi Jambi,” ujar Dianto.

Dirinya juga mengingatkan kepada pejabat yang baru saja dilantik agar responsif terhadap dinamika pembangunan yang bergerak cepat dengan tetap memperhatikan azas pemerintahan yang bersih dari KKN serta selalu memperjuangkan terciptanya pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

“Seorang pemimpin tidak hanya dituntut dalam kecakapan memimpin, melainkan juga harus memiliki integritas, loyalitas, kejujuran dan tanggung jawab yang harus diutamakan sebagai syarat tanpa pengecualian,” kata Sekda.

Dianto berharap dapat memberikan kontribusi yang nyata terhadap percepatan pembangunan di Provinsi Jambi dan membuat kesejahteraan masyarakat di Provinsi Jambi juga turut meningkat. (Hms/Alpin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here