Tempat Pembuangan Sampah di Kota Jambi Masih Kurang

0
32

Porosjambi.com-KOTA JAMBI- Dilarangnya masyarakat membuang sampah sembarangan, pemerintah daerah telah mengeluarkan Perda sejak tahun 2013 lalu yang mengatur jadwal pembuangan sampah harus sesuai dengan jadwal yang ditentukan, yakni pukul 18.00 wib – 06.00 WIB ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jambi, Ardi mengatakan saat ini jumlah TPS yang ada di Kota Jambi sebanyak 423 unit dan kontainer 20 unit. Dalam pengelolahan sampah ini pun ada 41 unit Bank Sampah yang aktif dari 100 lebih terdaftar, Rabu (16/01/2019).

“Semoga TPS di Kota Jambi bisa ditambah agar sampah tidak menumpuk. Diharapkan kedepan setidaknya terdapat 750 unit TPS, dan upaya menambah TPS dengan penambahan kontainer dan pembangunan,”ujar Ardi.

Dalam pengelolahan sampah, terdapat nilai tambah ekonomi seperti pembuatan kerajinan tangan dan semacamnya. Selain itu sampah organik juga dapat di olahraga menjadi pupuk kompos hanya saja dalam pengolahan menjadi pupuk organik tidak memungkinkan dinlakukan di perkarangan rumah karena akan mengakibatkan pencemaran udara dengan bau busuk.

“Sampah organik dapat dimanfaatkan sebagai kompos dan yang anorganik dapat dikerjasamakan atau menjadi nasabah bank sampah,”kata Ardi. (Syahrul/Alpin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here