Atas Kecintaan Kepada Jambi, Agussalim Buat Miniatur Gentala Arasy

0
151

Porosjambi.com – JAMBI – Gentala Arasy merupakan museum budaya dengan corak arsitektur Arab dengan tinggi 80 meter yang berada di tepi Sungai Batanghari Jambi tepatnya Jambi Seberang Kota. Gentala Arasy juga memiliki jembatan pedestrian selebar 4,5 meter dan panjang 503 meter dengan bentuk menyerupai huruf S. Di puncak menara museum ini, terdapat 4 jam besar yang bisa dilihat dari kejauhan serta petunjuk waktu shalat bagi umat muslim.

Gentala Arasy ini di resmikan oleh Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla pada 28 Maret 2015. Sementara itu, pembuatan jembatan dan musium telah menelan anggaran senilai 88,7 Milyar Rupiah dalam 3 Tahun Anggaran 2012-2014.

Sebagai icon Provinsi Jambi, tentunya rakyat jambi menjadi bangga terhadap pedestrian yang di bangun oleh pemerintah provinsi Jambi. Salah satunya, Sekretaris Dinas Sosial Penduduk dan Catatan Sipil (Dinsosdukcapil) Provinsi Jambi, Agussalim yang telah membuat miniatur Gentala Arasy dengan bahan-bahan yang mudah di dapat serta telah di pajang di stand pameran acara HUT Provinsi Jambi ke 62 tahun 2019.

Agussalim mengatakan ide membuat miniatur tersebut atas cinta dan bangganya terhadap semua icon jambi sehingga mendorong untuk membuat miniatur Gentala Arasy, Kamis (08/01/2019).

“Bagaimana Gentala Arasy ini bisa dilihat bagi orang luar yang tidak bisa ke jambi atau langsung ke jembatan, makanya kita buat dari miniatur ini dan kita akses ke internet,” jelas Agussalim.

Pembuatan miniatur ini di lakukan selama 3 bulan dan dengan penuh perhitungan baik itu ukuran, sekala dan ketinggiannya harus sesuai semua. Bahan yang di gunakan dalam pembuatan ini adalah kertas karton tebal 3mm, lem kertas, cat minyak, cuter, gunting dan lampu sebagai hiasan. Setelah jadi, berat neto miniatur ini mencapai 4 kg.

“Semua bahan dasarnya dari kertas. Lama pembuatan ini kurang lebih 3 bulan karena tidak selalu duduk dan pembuatan ini harus detil, skalanya harus di hitung, ketinggian nya harus sesuai. Dalam pengbilan ukuran kita langsung ke lapangan, kita poto dan juga melihat di internet,” pungkasnya.
(Alpin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here