Jaksa Hasil Tangkapan Saber Pungli Sungaipenuh Diproses di Kejati Jambi, Praktisi Hukum: Mana Persamaan di Mata Hukum?

0
57

Porosjambi.com – Oknum Jaksa Kejari Sungaipenuh (AJ) yang ditangkap Saber Pungli di kawasan Bukitsentiong, Sungaipenuh, 29 Desember 2017 lalu diserahkan ke Kejati Jambi untuk diproses.

Sementara oknum pejabat PDAM Tirta Kerinci yang ikut ditangkap diserahkan ke Polda Jambi.
Menurut praktisi hukum, Fikri Riza, SH MH, perlakuan tersebut tidak sesuai dengan Undang Indang yang mengatakan semua orang sama di mata hukum.

“Ada perlakuan yang berbeda terhadap jaksa yang ditangkap di Sungaipenuh tersebut. Seharusnya, jaksa itu tetap diproses oleh Saber Pungli bersama dengan oknum pejabat PDAM tersebut,” kata kandidat doktor hukum ini kepada Inilahjambi, Jumat 5 Januari 2018.
Di Indonesia, kata dia, hak manusia tentang kesamaan kedudukan di hadapan hukum diatur dalam Pasal 28 D ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945 Amandemen ke-IV.

“Setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama dihadapan hukum,” katanya mengutip Undang Undang.

Menurut dia, jika ada persoalan etik yang harus diproses terhadap jaksa tersebut oleh kejaksaan, seharusnya diproses dulu tindak pidana suap yang didugakan kepada dirinya.

“Keduanya harus diproses sama oleh Saber Pungli. Tidak boleh diambil alih atau diserahkan kepada kejaksaan. Ini apa? Jangan karena dia jaksa kemudian diproses oleh Kejati. Semua orang itu harus sama di mata hukum. Itu amanat Undang Indang,” tegas Fikri.

Dikatakan Fikri, pihaknya akan melakukan aksi menuntut penjelasan pihak Kejati Jambi dalam waktu dekat ini.

“Kami sedang berkumpul. Kami akan aksi di Kejati Jambi untuk mempertanyakan kasus ini,” ucap anggota Dewan Etik Ikatan Wartawan Online (IWO) Provinsi Jambi

Sebelumnya, inilahjambi telah mengkonfirmasi kepada Penkum Kejati Jambi Dedy Susyanto terkait dasar kewenangan Kejati memeriksa dan memproses jaksa AJ yang ditangkap saber pungli ini. Namun Dedy tidak menjawab pertanyaan melalui pesan di whatapps tersebut.
Jaksa Agung RI HM Prasetyo yang dihubungi inilahjambi membenarkan bahwa jaksa AJ tengah diperiksa penyidik Kejati Jambi secara intensif.
Menurut Jaksa Agung, penyidik tengah mencari bukti dan mengklarifikasi kasus ini. Namun sejauh ini kasus dugaan penyuapan sedang diminta klarifikasi, meski dia belum mengetahui persis benar atau tidaknya kasus tersebut. Sebab dulu kata dia pernah terjadi kasus serupa, ternyata uang pengganti.
“Jadi kita klarifikasi dulu. Kalau benar-benar ada fakta dan bukti tidak dibantahnya maka tidak ada kompromi. Dugaannya ke arah Kasubagbin dan Kasipidsus,” ucapnya.

Sumber : Inilahjambi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here