Sisi Lain Rohingya Yang Belum Banyak Kita Ketahui

0
415
Rohingya/foto:net

Porosjambi.com – Belakangan ini umat Islam kembali dihebohkan dengan pembantaian Muslim Rohingya di Rakhine, Myanmar, mereka diperangi, dimusuhi, ditindas, bahkan dibantai dan dibunuh secara membabi buta dengan isu ras dan perbedaan agama.

Rakhine adalah nama daerah yang dahulu bernama “Arakan” diambil dari kata rukun, dalam Islam memiliki arti sendi atau asas, dapat pula di artikan baik dan damai. Namun telah diganti oleh pemerintah Myanmar dengan nama Rakhine.

Ada satu faktor yang belum banyak diketahui oleh masyarakat dunia sekalipun, yaitu Rakhine yang merupakan kawasan domisili Rohingya merupakan daerah yang memiliki sumber daya alam yang melimpah akan minyak, gas, mineral dan sumber daya alam lainnya.

Dikutip dari data Forbes, Rakhine memiliki cadangan kandungan minyak dan gas sebanyak kurang lebih 11 dan 23 triliun kaki kubik yang tersimpan di sepanjang lepas pantai wilayah pesisir Rakhine, sekelas perusahaan Conoco Phillips, woodside energy, Statoil Myanmar Private Limited dan BG Exploration & Production berani menginvestasikan ratusan juta US Dollar untuk Oil and Gas di kawasan lepas pantai Rakhine.

Menurut Yuan Fanesyah, lulusan teknik Geologi yang bekerja di perusahaan Oil and Gas, memiliki cadangan sebanyak itu adalah hal yang fantastis dan sangat menggiurkan bagi pelaku usaha dunia perminyakan. Cadangan sebanyak itu tentu akan menjadikan Rakhine sebagai salah satu daerah penghasil minyak dan gas terbesar di dunia , ungkap Yuan yang juga merupakan putera daerah Asal Tanjung Jabung Barat ini.

Selama tahun fiscal 2016-2017 ada 27 proyek energy di Myanmar, untuk sektor Pertambangan, satu proyek pertambangan total insvestasi bisa mencapai puluhan juta US Dollar . jika di gabungkan keselurahan total investasi Sumber Daya Alam di rakhine bisa mencapai 10 Miliar US Dollar, sebuah kawasan yang sangat kaya akan sumber daya alam, yang 80 persen tanah-tanah tersebut di miliki oleh orang-orang Rohingya di Rakhine.

Apakah faktor tersebut yang membuat pemerintah Myanmar menghabisi  Rohingya, dengan tujuan untuk menguasai kekayaan bumi Rakhine, maka cara yang dilakukan mereka adalah dengan mengusir, memerangi dan membumi hanguskan Rohingya dari tanah Rakhine. (KI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here