Saracen, Kelompok Penyebar Hoax dan Kebencian di Dunia Maya

0
80

Porosjambi.com – Belakangan ini banyak beredar kabar di media mengenai saracen. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa saracen adalah sebuah kelompok yang menyediakan jasa untuk menyebarkan berita-berita hoax dengan tujuan tertentu. Tidak hanya hoax, kelompok ini juga kerap menyebarkan konten yang berisi kebencian di media sosial yang bisa memecah belah bangsa.

Seluruh kegiatan kelompok ini akhirnya terendus oleh pihak kepolisian setelah menangkap Sri Rahayu Ningsih yang banyak membuat status mengenai kritikan terhadap pemerintah Jokowi-Jk. Dari keterangan yang didapatkan dari pelaku, saracen menggunakan 2000 akun media sosial untuk menyebarkan konten hoax dan kebencian, selain itu akun yang tergabung dalam kelompok saracen ini berjumlah lebih dari 800.000 akun.

Selain Sri Rahayu, pihak kepolisian juga menangkap Jasriadi di kediamannya di Pekanbaru, Riau. Jasriadi di duga berperan sebagai pendiri kelompok saracen ini, ia juga mengatakan bahwa saracen terbentuk pada tahun 2015 ketika diadakan pertemuan di salah satu mesjid di Jakarta Utara soal memilih pemimpin.

Selain di facebook, saracen juga menyebarkan konten kebencian dan hoax di twitter. Tidak hanya itu, saracen juga memiliki media online yang bernama saracennews.com. Situs ini juga belum di blokir oleh pihak Kementrian Komunikasi dan Informatika

Tujuan utama saracen menyebar konten kebencian dan hoax semata karena alasan ekonomi. Jadi semua konten tersebut sesuai dengan pesanan para konsumen. Tidak jarang di dalam proposalnya, saracen mematok harga puluhan juta rupiah. Dari informasi yang dihimpun dari para tersangka, mereka mampu meraup keuntungan hingga 72 juta rupiah.

Sungguh sangat disayangkan, teknologi yang harusnya mampu dimanfaatkan untuk membantu masyarakat dalam memperoleh informasi yang positif malah digunakan oleh sekelompok orang untuk memcah belah bangsa. Semoga masyarakat kita bisa lebih bijak dalam mengkonsumsi informasi yang tersebar di media sosial. (KI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here