Keindahan Yang Tersembunyi: Air Terjun Sipiso-Piso

0
107

Porosjambi.com – Air terjun Sipiso-piso adalah salah satu destinasi wisata yang patut untuk kita kunjungi, letaknya di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Air terjun ini memiliki ketinggian 120 meter dan terbentuk dari sungai Pajanabolon yang mengalir diantara tebing-tebing yang menjadi dinding Desa Tongging. Udara disekitar air terjung sangat sejuk karena berada di perbukitan dan dikelilingi oleh barisan pohon pinus yang sangt indah di punggung bukit dan di hamparan Danau Toba.

Nama air terjun Sipiso-piso sendiri berasal dari kata “piso” berarti pisau, nama ini diambil dari bentuk air terjun itu yang menyerupai sebuah pisau yang tajam. Selain itu, jika kita berada diatas air terjun tersebut kita akan melihat dinding-dinding air terjun yang sangat curam dan tajam, hal itulah yang membuat warga sekitar menyebutnya sebagai “Piso dari tanah Karo”.

Baca : Candi Muaro Jambi Terluas di Asia Tenggara

Sebagai salah satu Kabupaten yang sedang berkembang, sektor pariwisata di wilayah Tanah Karo menjadi salah satu potensi wisata yang diunggulkan dan diharapkan mampu mendongkrak pendapatan daerah.

Untuk menuju ke lokasi air terjun tidaklah sulit, kita hanya harus berkendara sejauh 35 kilometer dari Kota Berastagi. Namun jika Anda menggunakan transportasi umum dari Medan, Sumatera Utara. Anda dapat menggunakan bus dengan jurusan Kota Kabanjahe dengan waktu kurang lebih 2 jam. Kemudian, setelah sampai di Kabanjahe, perjalanan dilanjutkan dengan bus menuju Danau Toba. Perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 24 Km.

Kini, beberapa fasilitas yang ada disekitar air terjun Sipiso-piso sudah sangat memadai, seperti lahan parkir, warung makan, dan beberapa gazebo sebagai tempat untuk beristirahat jika anda lelah. Desa Tongging dan Desa Kabanjahe menyediakan beberapa penginapan bagi anda yang hendak menginap, tentunya dengan harga yang terjangkau. Tidak luput dari pandangan, beberapa jajanan khas dan souvenir dari masyarakat setempat yang akan menyambut anda. Jadi, tunggu apalagi? Ayo ke Air Terjun Sipiso-Piso (KI).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here