130 Muslim Rohingya Dibunuh Dalam Sepekan

0
161

Porosjambi.com – Pembantaian massal kembali terjadi terhadap umat muslim di Rohingya, sebuah laporan dari para aktivis menyebutkan bahwa ratusan pasukan Myanmar melakukan pembantaian besar-besaran dalam sepekan. Dalam laporannya sebutkan bahwa setidaknya ada 130 orang yang tewas, diantaranya wanita dan anak-anak.

Seperti yang dilansir oleh ABC jumat (1/9/2017) dengan mengutip dua sumber yang berbeda. Pembantaian terjadi di Desa Cut Pyin, Myanmar Barat.

”Sejauh ini laporan—menurut saya cukup kredibel—menyebutkan sekitar 130 orang termasuk wanita dan anak-anak terbunuh,” kata Chris Lewa, Direktur The Arakan Project, lembaga kemanusiaan yang bekerja dengan komunitas Rohingya.

Pihak yang berwenang di Myanmar juga telah melaporkan terjadinya penyerangan yang dilakukan oleh pasukan Myanmar dan menewaskan lebih dari 100 orang, setelah pasukan pejuang islam yang tergabung dalam Arakan Rohingya Salvation Army (ARSA) melakukan serangan balasan terhadap pos polisi di wilayah yang tengah bergejolak.

Namun para pejuang islam tersebut memberi laporan yang berbeda, ia menyebutkan bahwa korban tewas jauh lebih banyak. Seperti yang mereka katakan kepada Al-Jazeera bahwa sedikitnya ada 800 orang yang terbunuh dalam serangan yang dilakukan para pasukan dari Myanmar.

Aziz Khan, seorang penduduk Muangdaw mengatakan bahwa serangan itu terjadi pada jumat pagi dan para tentara Myanmar menembak secara membabi buta. Selai itu mereka juga membakar puluhan rumah warga.

Akses wartawan ke lokasi kejadian ditutup sepihak oleh pemerintah Myanmar, sehingga tidak memungkinkan untuk mengklarifikasi atas informasi yang tersebar saat ini.(KI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here